Presiden RI Joko Widodo bersama Presiden Amerika Serikat Joe Biden

New York- Presiden Amerika Serikat Joe Biden, memberikan ucapan untuk Presiden Jokowi dan Indonesia di peringatan HUT RI ke 76. Biden bahkan menulis sebuah pesan khusus.

Melansir situs kedutaan AS pada (17/8), Biden menulis pesan itu dalam bahasa Inggris.

Di paragraf awal, Biden menulis harapannya untuk Indonesia di hari kemerdekaannya ke 76. Ia mengatakan bahwa kemitraan antara AS dan Indonesia saat ini lebih penting dari sebelumnya.

Ia juga menyampaikan harapan besarnya agar terus bisa bekerja sama dalam bidang ekonomi dan bisa memerangi pandemi Covid-19 bersama.

Terakhir, rival Donald Trump dalam Pilpres AS itu berharap bisa terus bersama Indonesia menyerukan perdamaian dan stabilitas di seluruh kawasan Indo-Pasifik dan sekitarnya.

Dan berikut, isi pesan Joe Biden untuk Presiden Jokowi :

A Message from President Biden to President Joko Widodo on Republic of Indonesia’s Independence Day

Dear Mr. President,

On behalf of the United States of America, I send my warmest wishes to you and the people of Indonesia as you celebrate 76 years of independence on August 17.  The United States greatly values Indonesia’s democratic leadership in the Indo‑Pacific.  The close strategic partnership between our two countries is more important now than ever.  We look forward to working together to deepen our economic and people-to-people ties, fight the COVID-19 pandemic and drive green recovery, and promote peace and stability throughout the Indo-Pacific region and beyond.

The United States celebrates this Indonesian Independence Day with you as friends and partners.

Sincerely,
Joseph R. Biden Jr.

 

Dalam bahasa Indonesia ;

Bapak Presiden yang terhormat,

Atas nama Amerika Serikat, saya menyampaikan harapan terhangat saya kepada Anda dan rakyat Indonesia saat Anda merayakan 76 tahun kemerdekaan pada 17 Agustus. Amerika Serikat sangat menghargai kepemimpinan demokratis Indonesia di Indo-Pasifik.  Kemitraan strategis yang erat antara kedua negara kita sekarang lebih penting daripada sebelumnya.  Kami berharap dapat bekerja sama untuk memperdalam hubungan ekonomi dan masyarakat, memerangi pandemi COVID-19 dan mendorong pemulihan hijau, serta mempromosikan perdamaian dan stabilitas di seluruh kawasan Indo-Pasifik dan sekitarnya.

Amerika Serikat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ini dengan Anda sebagai teman dan mitra.

Hormat kami,
Joseph R. Biden Jr.