Septian Hartono, WNI yang pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Singapura. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Direktur Jenderal Imigrasi Indonesia, Silmy Karim, mengungkapkan setiap tahunnya sebanyak 1.000 warga negara Indonesia (WNI) pindah kewarganegaraan Singapura. Apa yang menjadi motivasi para WNI itu?

Septian Hartono (38) menjadi warga negara Singapura pada 2020. Sebelumnya dia tinggal lebih dulu selama 15 tahun di negara tersebut. Dia menyebut hal itu sebagai “proses” natural.

Awalnya Septian tinggal di Singapura karena mendapatkan beasiswa S1 di Nanyang Technology University (NTU) setelah lulus SMA di Jakarta pada 2023.

Sebagai penerima beasiswa, Septian diwajibkan bekerja di perusahaan Singapura selama tiga tahun.

Di Singapura dia menikah dengan seorang perempuan juga asal Indonesia yang sepertinya dirinya mendapatkan beasiswa di NTU. Keduanya dikaruniai anak, lalu memutuskan untuk tinggal dalam jangka Panjang di Singapura.

“Setelah merasa make sense dan convert, kita pindah kewarganegaraan,” kata Septian.

Septian mengaku keputusan untuk berganti kewarganegaraan tidak diambil begitu saja. Selama 15 tahun dia berkali-kali mempertimbangkan untuk pulang ke Tanah Air, tetapi akhirnya dia memutuskan untuk tinggal di Singapura dengan alasan pragmatis.