Ilustrasi (Foto: Ist/Shutterstock)

JAKARTA, Eranasional.com – Cyberspace Administration of Cina (CAC) atau Badan regulasi siber Cina mengeluarkan kebijakan yaitu membatasi penggunaan HP bagi anak di bawah 18 tahun hanya diperbolehkan paling lama dua jam setiap hari.

CAC juga akan meminta perusahaan ponsel pintar untuk menghadirkan fitur yang disebut program anak. Nantinya, fitur itu akan membatasi pengguna di bawah 18 tahun untuk mengakses internet di ponselnya sejak pukul 10 malam hingga 6 pagi.

Pengguna dengan usia 16-18 tahun rencananya hanya diperbolehkan menggunakan HP selama dua jam per hari. Sementara, pengguna berusia 8-16 tahun lebih sedikit, yakni satu jam setiap harinya. Dan, anak di bawah delapan tahun hanya diizinkan delapam menit.

Namun, CAC menyebutkan perusahaan penyedia juga harus memperbolehkan pihak orang tua memutuskan waktu Batasan untuk anaknya sendiri.

Saham Perusahaan Teknologi di Cina Anjlok

Kebijakan yang dikeluarkan CAC membuat saham sejumlah perusahaan di Cina anjlok pada perdagangan di Hong Kong usai CAC mengeluarkan rancangan pedoman aturan ini. Publik hanya diberi kesempatan hingga 2 September 2023 untuk mengomentari kebijakan ini.

Contohnya, saham Bilibili (9626.HK) dan Kuaishou (1024.HK), masing-masing turun sebesar 6,98% dan 3,53%. Sementara pihak operasional aplikasi WeChat, Tencent Holdings (0700.HJ) ditutup 2.99% lebih rendah dari sebelumnya.