Tentara Myanmar (Foto: Getty Images)

Cara Memasok Senjata ke Myanmar

Dari hasil investigasi mereka menyebutkan agar senjata buatan tiga BUMN Indonesia dapat masuk ke Myanmar perantaranya adalah sebuah perusahaan swasta di Myanmar bernama Tue North Company Limited.

Perusahaan itu disebut miliki Htoo Shein Oo, putra dari Menteri Perencanaan dan Keuangan dalam junta militer Myanmar, Win Shein. Win Shei sendiri telah dijatuhi sanksi oleh Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Uni Eropa

Kelompok Justice for Myanmar mendesak agar True North Company Limited dan pemiliknya dijatuhi sanksi.

Direktur MAP, Chris Gunnes mendesak pemerintah Indonesia mengusut tuntas dugaan keterlibatan PT Pindah dan dua BUMN lainnya, karena telah menyuplai persenjtaan kepada militer Myanmar yang kejam.

Indonesia kini adalah Ketua ASEAN dan bagian dari Troika atau Kelompok Penyelesaian Konflik Myanmar di bawah kepemimpinan Laos yang akan memfasilitasi implementasi Lima Poin Konsensus ASEAN.

Indonesia dinilai kelompok masyarakat sipil itu harus membuktikan ke rakyat Myanmar telah melakukan langkah yang konkret untuk mengusut dugaan tersebut.

“Hasil penyelidikan kami telah menemukan bukti-bukti yang menunjukkan adanya standar ganda yang mengejutkan,” kata Chris Gunnes.